Sabtu, 02 Februari 2013

Nama-Nama Email Selain Yahoo, Google, dan Hotmail



Email sepertinya sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan seseorang yang berkecimpung di dunia Teknologi Informasi. Email merupakan sarana komunikasi yang penting dan sangat murah. Dengan email, seseorang bisa berkirim dan menerima informasi denga orang lain secara cepat dan aman. Karena alasan tersebut, banyak sekali penyedia layanan email yang bisa ditemuka di internet baik yang gratis maupun berbayar. Seperti Yahoo, Gamil, Rocketmail, Hotmail, MSN, dan masih banyak lagi penyedia layanan email yang lain.

Terus, sebenarnya ada berapa sih nama-nama email yang biasa dipakai kebanyakan orang? Jika berbicara tentang nama-nama email yang biasa dipakai oleh seseorang, tentulah mengacu kepada nama-nama besar penyedia layanan email seperti Yahoo dan Gmail. Dua nama ini adalah layanan email yang paling banyak dipakai, terutama di Indonesia. Dan ketika ditanya tentang mengapa orang-orang memakai penyedia layanan tersebut, pastilah setiap orang pasti memiliki pendapat sendiri-sendiri mengenai alasan mengapa ia memilih membuat akun di yahoo, google, atau hotmail. Sekarang kecenderungannya malah orang memiliki lebih dari satu akun yang digunakan untuk keperluan tertentu.

Misalnya akun yahoo khusus untuk keperluan kerja, sedangkan akun gmail (google) untuk menerima informasi dari jejaring sosial semisal facebook dan twitter. Mengapa harus demikian? Karena, informasi yang masuk ke email terlalu banyak.

Bayangkan, setiap hari ada puluhan update status orang yang masuk ke email kita, bukankah merepotkan jika harus satu persatu menghapus email yang tidak penting. Waktu juga akan terbuang khusus untuk menandai email penting, email yang belum dibaca, dan email yang perlu diberi tanggapan (balas atau teruskan).

Kendati pun membuat email sangat mudah. Pilihlah nama email yang baik (lucu, unik, jujur). Jika Anda memilih nama email dengan nama-nama yang kurang baik, kotor (jorok), dan bernada sinis. Anda secara tidak langsung melabeli diri sendiri dengan “suatu karakter” yang Anda ciptakan.

Oleh karena itu, buatlah email yang menggambarkan brand (merek) jika Anda berdagang, atau buat email yang berkesan jujur alias nama Anda sendiri. Bukankah email adalah ID (identitas Anda di dunia maya). Kita tidak sedang membicarakan nama dan jenis-jenis email yang baik dan buruk. Tetapi yang kita ulas adalah tempat atau situs penyedia layanan email di internet.

Situs Penyedia Layanan Email

Jika Anda ingin menggunakan layanan email yang tidak umum, Anda bisa menggunakan layanan email yang disebutkan di bagian akhir artikel ini. Alasan kenapa alamat ini jarang digunakan, bisa jadi bukan karena kualitas penyedia layanan email ini kurang baik, melainkan bisa jadi dari segi promosi dari penyedia layanan email itu sendiri. Beberapa alamat email yang bisa menjadi alternatif di antaranya adalah:


  • AIM mail, email gratis dengan penyimpanan tak terbatas dilengkapi dengan fitur perlindungan spam. Untuk lebih mempermudah pengguna dalam mengakses email ini, AIM tersedia dalam empat sistem operasi. Yaitu Windows, Android, Mac, dan iPhone. Tentu saja ini akan membuat pengguna bisa mengakses email sesuai dengan perangkat yang dimiliki. Selain itu, AIM juga menyediakan fasilitas chat dalam grup sehinga bisa melakukan chatting dengan beberapa orang. Kelemahannya AIM tidak memiliki pelabelan folder. Jika ingin mencoba menggunakan email ini, bisa mengunjungi situs resminya di aim.com. 

  • Windows Live Hotmail penyedia layanan email gratis, dilengkapi pembersih virus. Hotmail adalah layanan email yang dikeluarkan oleh perusahaan software raksasa Microsoft. Walaupun awalnya email ini dipasarkan dengan berbayar, tetapi sekarang kita bisa memiliki alamat email ini secara gratis. Sebagian orang mengatakan hotmail lambat, tetapi sebenarnya tidak juga. Jika ingin mencoba menggunakan layanan email dari hotmail ini bisa berkunjung ke situs resminya di alamat hotmail.com 

  • Inbox.com layanan email gratis dengan kelebihan bisa berbagi foto. Selain itu, inbox juga menyediakan layanan penyimpanan file secara online hingga 30 Gb. Sungguh jumlah yang cukup besar. Mungkin karena promosi yang kurang, alamat email ini masih jarang digunakan. Situs resminya adalah www.inbox.com. 

  • Mail.com, menawarkan email sesuai bermacam-macam domain untuk email Anda yang terdiri lebih dari 20 domain di seluruh dunia. Kelebihan dari email ini adalah kita bisa melakukan impor file dari alamat email lain milik kita. Selain itu juga antispam dari penyedia layanan email ini cukup kuat. 

  • Easy.com layanan email gratis dengan tambahan fitur kalender. Kalender ini tentu akan mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan. 

  • Hushmail.com menyediakan layanan email gratis. Kelemahannya sebelum mendaftar Anda diwajibkan menginstal program Hush Encryption Engine. Sekilas mirip Thunderbird yang bisa membuka email gmail tanpa harus login ke gmail.com (google mail). 

  • Myrealbox.com menyediakan layanan email gratis. Adapun kelebihannya bisa mengecek email melalui program seperti Outlook Express. 

  • Postmaster penyedia layanan gratis dengan kelebihan fitur tambahan seperti diskusi dan banyak lagi. 

  • Ada juga keluaran email dari yahoo.com yakni Ymail dan Rocket Mail. Untuk dua layanan email ini sebenarnya memiliki fasilitas yang hampir sama dengan Yahoo, hanya menggunakan domain yang berbeda.
Kelebihan Alamat Email

Kedengarannya sulit memang berpindah dari akun Yahoo, Google, dan Hotmail, karena situs ini memang menawarkan kelebihan, seperti email yahoo dilengkapi yahoo messenger (YM), mudah bagi siapa pun, di mana pun, dan kapan pun untuk terkoneksi. Selain itu, fasilitas lain dari Yahoo bisa kita nikmati saat kita melakukan login menggunakan alamat email kita. Karena alamat email kita juga merupakan kunci untuk bisa masuk ke layanan Yahoo.

Sedangkan Google kelebihannya merekam data percakapan email secara teratur, jadi kita tidak perlu mencari (mengais-ngais) riwayat email data. Jika kita pernah mengirim email kepada si A, maka selanjutnya email si A akan ditampilkan berurutan sesuai posting tanggal terbaru, begitu pun sebaliknya. Selain itu, dengan menggunakan akun Gmail, kita juga bisa menikmati layanan dari Google yang lain seperti Google Plus yang merupakan situs jejaring sosial yang dikeluarkan oleh Google dan juga Youtube dimana kita bisa melakukan upload video dengan gratis di situs ini.

Selain itu, dengan menggunakan Gmail, kita juga bisa menggunakan domain dengan nama website yang kita miliki. Misalnya saja kita mempunyai sebuah situs dengan nama kena.com, kita bisa mempunyai alamat email dengan nama misalkan suka@kena.com. Kena.com di sini adalah alamat email bayangan dari alamat gmail yang kita buat.

Dahulu disebut email (surat elektronik), karena memang difungsikan untuk berkirim surat. Tetapi sekarang pun sudah banyak orang yang berkirim-kirim gambar seperti melalui rapidshare, dropbox, 4shared, ziddu, dan seterusnya. Hanya saja, berhubung gratis gudang penyimpanan di dunia maya tersebut memiliki batas waktu tidak permanen, kecuali yang berbayar.

Semoga saja nama-nama email yang sudah disebutkan dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. 


1 komentar:

  1. terimakasih. Kunjungi website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id (Yusmiati/1822520028)

    BalasHapus

berkomentarlah dengan bahasa yang baik

Artikel Terbaru