Kamis, 01 November 2012

Aplikasi Ini Bisa Deteksi Foto Palsu


Seringkali kita sulit membedakan foto asli atau foto palsu saat terjadi kasus pemalsuan Foto. Di Dalam perkembangan era Digital ini, teknologi kini semakin maju dengan pesat dan tindak penyalahgunaan teknologi Foto menjadi semakin kompleks sehingga kadang banyak orang yang sulit membedakan mana foto Asli dan foto yang sudah di manipulasi.

Tapi kini teknologi untuk melawan penyalahgunaan manipulasi foto telah hadir, Aplikasi yang berfungsi untuk mendeteksi foto yang dimanipulasi atau tidak Bernama FourMatch.




Kini dengan menggunakan Aplikasi FourMatch tidak perlu lagi untuk memperdebatkan keaslian foto tersebut, sering kita mendengar perdebatan mengenai keaslian foto tentang skandal foto Syur artis-artis yang telah beredar di internet. Cukup dengan menggunakan Aplikasi FourMatch foto yang telah dimanipulasi bisa terdeteksi dengan mudah.






Courtesy: blog.photoshelter.com

Aplikasi FourMatch ini di ciptakan untuk membantu memecahkan masalah mendeteksi foto dimanipulasi atau tidak, yang di buat oleh salah seorang mantan eksekutif Adobe Photoshop yang juga sebagai seorang ahli forensik digital, dan telah mendirikan startup perusahaan bernama Fourandsix Technologies.

Aplikasi FourMatch merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menganalisa meta data di dalam file bergambar untuk mendeteksi gambar tersebut telah dimanipulasi atau tidak. Sudah terisi 70 ribu Signature yang dimiliki oleh aplikasi FourMatch ini yang ada didalam file bergambar yang diciptakan oleh perangkat lunak manipulasi dan perangkat keras.

Perusahaan menjelaskan “Setelah gambar telah diedit dan resaved dari produk software, signature ini diubah agar sesuai dengan perangkat lunak dari perangkat capture aslinya,”

President Fourandsix Technologies kevin Connor mengatakan “Ini produk pertama kami telah membuat keluar bukan sebagai peluru ajaib yang akan memberitahu Anda segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang gambar. Ini adalah semacam langkah pertama dan ada skenario tertentu ketika itu akan sangat berharga, terutama di ruang penegakan hukum,”

Fourmatch ini sangat berguna untuk para penegak hukum seperti polisi maupun pengacara yang sedang manangani kasus foto yang dicurigai telah dimanipulasi, kasus ini biasanya sering dialami oleh beberapa artis wanita yang sering sekali fotonya dimanipulasi.

Tanggal 21 September 2012 seperti yang di kutip dari Mashable, tampaknya aplikasi ini hanya ditujukan untuk orang tertentu bukan untuk kionsumen biasanya. hal ini terlihat dari harga Aplikasi Fourmatch ini yang terbilang cukup mahal sekitar $890 atau seharga dengan Rp 8 Jutaan.






sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bahasa yang baik

Artikel Terbaru